Artikel

2 Cara untuk Maksimalkan Otak Anak

Semua orangtua berharap memiliki anak-anak yang cerdas dan kreatif. Oleh karena itu, orangtua memiliki peran sangat penting untuk memicu kecerdasan dan kreativitas anak-anaknya, karena setiap anak dianugerahkan beragam potensi kecerdasan.

Apa yang bisa dilakukan orangtua untuk merangsang kecerdasan dan kreativitas anak?

Menurut DR. Dwi Putra Widodo Sp.A[K], M.Med dalam suatu seminar bertajuk "Building Your Child's Brain Connection", beberapa waktu lalu, ada 2 hal yang bisa memicu kecerdasan dan kreativitas anak, yakni, faktor internal dan eksternal.

Internal, berarti faktor genetik. Di sini orangtua tak bisa berperan apa-apa, ini masalah keturunan atau genetik. Tapi, untuk faktor eksternal orangtua punya peran besar.

Berikut dua hal faktor eksternal yang bisa orangtua lakukan untuk memicu kecerdasan dan kreativitas anak:

1. Nutrisi

Faktor utama yang memengaruhi pertumbuhan otak adalah nutrisi atau gizi yang diberikan, terlebih pada periode pertumbuhan otak [hingga usia 10 tahun]. Maka dari itu berikanlah nutrisi yang baik sejak dini. Dimulai dengan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, lalu gabungan antara makanan pendamping dan ASI hingga usia 2 tahun.

Kemudian, perhatikan kandungan makanan yang diberikan ke anak. Lengkapi nutrisi anak dengan memberikan makanan yang mengandung protein, asam amino, kolin, gangliosida, serta zat gizi mikro seperti zat besi, zat seng, tembaga, iodium, folat, dan vitamin.

2. Stimulasi

Melakukan hal-hal sederhana nan menyenangkan dapat merangsang kecerdasan anak. Tidak melulu dengan biaya yang mahal, kita bahkan dapat memanfaatkan alam, juga menciptakan karya kreatif dari bahan-bahan yang aman, berikut cara mudahnya:

>> Mendongeng

Kegiatan mendongeng dapat dilakukan guru dan orangtua, anak dapat diajak mengembangkan daya imajinasinya. Melalui dongeng, anak juga dapat diajak untuk berkomunikasi serta mencoba suatu gagasan untuk memecahkan suatu masalah.

>> Melukis bebas

Berikan kesempatan pada anak untuk mencorat-coret tempat-tempat yang memang diperbolehkan, misalnya menggunakan crayon, spidol, atau pensil warna yang dapat mengungkapkan ide-ide anak secara menyenangkan.

>> Mengenal lingkungan sekitar

Anak-anak juga harus diajak untuk mengenali lingkungannya, seperti melihat langit, memperhatikan aneka tanaman bunga di taman, memperhatikan gerakan ikan, burung, semut, atau mengenalkan aneka macam suara-suara binatang. Hal ini dapat memberikan anak pandangan yang lebih luas.

>> Membuat kerajinan tangan

Ajak anak-anak untuk selalu membuat karya-karya kreatif. Misalnya saja membuat kerajinan tangan dengan menggunakan kertas Kokoru yang baik untuk anak karena terbuat dari material yang aman. Malah, hasil-hasil kreativitas dari kertas Kokoru bisa menjadi pajangan menarik di rumah atau bahkan sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. Mengenai tips dan cara menggunakan kertas Kokoru, Anda bisa melihatnya di sini, kertas Kokoru. [http://www.kokoru.co.id/tips-cara-membuat].

Jadi, hargailah keinginan anak, berikan padanya beberapa pilihan kegiatan yang akan dilakukan hari ini. Dan berikan pujian atas setiap hasil karyanya.

Keterlibatan orangtua dalam permainan anak tentunya akan semakin menyenangkan dan merekatkan hubungan. Tak lupa berikan nutrisi-nutrisi yang baik untuk tubuh dan otaknya. [418]

go to top