Artikel

Bunga-Bunga di Hari Ibu Sedunia

Berbagai jenis kerajinan tangan diciptakan sebagai hadiah di Hari Ibu Sedunia. Mayoritas bermotif bunga-bunga.

Hari Ibu Sedunia yang diperingati setiap Bulan Mei di sejumlah negara, memang selalu dirayakan secara kreatif oleh para crafter. Karya-karya dari berbagai bidang kerajinan tangan diciptakan dengan sepenuh hati sebagai hadiah untuk Sang Ibu.

Jika pada Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day selalu diwarnai dengan nuansa pink dan motif hati, Hari Ibu Sedunia lebih identik dengan motif bunga. Maka, jangan heran jika hampir setiap kerajinan tangan yang dibuat dan dipamerkan saat ini selalu berbunga-bunga, terutama crafting yang dibuat dengan tema Hari Ibu Sedunia.

Salah satu jenis kerajinan tangan yang banyak dibuat pada momen tersebut adalah kartu ucapan. Meski sudah banyak orang yang memberikan ucapan melalui fasilitas email di internet, kartu ucapan masih digemari karena bentuk fisiknya. Selain berperan menyampaikan pesan ucapan, sebuah kartu dapat dikoleksi dan dipajang sebagai hiasan. Maka, bukan hal yang sia-sia mendekorasi kartu ucapan secantik mungkin.

Ada yang menghias kartu ucapan menggunakan cat, menambahkan pita di bagian sampulnya, bahkan ada yang memanfaatkan material lain seperti kancing-kancing atau bulu-bulu. Semua disusun dengan artistik membentuk motif yang khas, bunga. Jika sudah begini, kartu tersebut sudah bukan hanya sekadar kartu ucapan, tapi lebih sebagai karya seni. Crafter lainnya memanfaatkan kertas tisu, kain, styrofoam, benang wol untuk membuat bunga di dalam vas, bantal berbentuk bunga dan kerajinan tangan lain.    

Meski di Indonesia Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember, tak ada salahnya ikut merayakan Hari Ibu Sedunia Bulan Mei mendatang. Kamu juga masih punya waktu menciptakan kreasi kerajinan tangan yang bisa kamu persembahkan kepada Ibunda tercinta. Salah satu material yang bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan tangan berbentuk bunga adalah kertas Kokoru. Penasaran ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Yuk ikuti ulasannya di bawah ini:

    1. Gunakan kertas Kokoru berbentuk panjang untuk membuat vas bunga, batang, daun dan kelopak bunga. Warnanya bisa kamu pilih sendiri sesuai selera. Usahakan pilih warna yang berbeda untuk masing-masing unsur di atas.

    1. Untuk membuat vas atau pot, buat sebuah gulungan besar dari kertas Kokoru, rekatkan, lalu tekan bagian tengahnya hingga membentuk seperti kerucut.

    1. Buat enam gulungan kecil dengan warna yang sama, lalu tambahkan satu gulungan kecil dengan warna yang berbeda untuk membentuk kelopak bunga. Misalnya, enam gulungan kecil berwarna pink dan satu gulungan kecil berwarna kuning. Rekatkan gulungan-gulungan berwarna pink tadi melingkari gulungan berwarna kuning yang merupakan pusat dari kelopak bunga.

    1. Siapkan juga kertas Kokoru yang digulung memanjang, bukan melingkar, untuk membuat bagian batangnya. Rekatkan di sela-sela kelopak bunga yang sudah dibuat.

    1. Lipat beberapa kertas Kokoru hingga panjangnya melebihi tinggi vas bunga yang sudah kamu buat sebelumnya. Letakkan daun-daun tersebut melingkari bagian dalam vas bunga.

  1. Letakkan bunga di bagian tengah vas di antara daun-daun.

Nah, sekarang kamu punya kreasi bunga sebagai hadiah untuk Ibu di Hari Ibu Sedunia. Tidak sulit bukan, membuatnya?

go to top