Artikel

Crafting Agar Si Kecil Berani Tidur di Kamar Sendiri

Mengajari anak untuk berani tidur di kamarnya sendiri memang tidak mudah. Tapi crafting bisa membuat mereka merasa nyaman berada di kamar sehingga lama kelamaan mau tidur sendiri.

Anak yang mandiri sejak dini akan memberikan dampak positif baginya di masa datang. Meski awalnya dia takut untuk tidur sendiri, namun harus tetap diupayakan supaya akhirnya anak merasa nyaman tidur  di kamar pribadinya.

Nah, untuk membuat kamarnya nyaman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Untuk anak perempuan, biasanya lebih suka dengan dekorasi kamar seperti putri kerajaan. Sedangkan laki-laki cenderung menyukai dekorasi kamar ala jagoan mereka.
  2. Warna untuk anak perempuan biasanya dipilih warna dasar pink. Sedangkan laki-laki menggunakan warna dasar biru.
  3. Supaya lebih terlihat leluasa, gunakan pilihan perabot yang sesuai.
  4. Bersama dengan anak lakukan belanja kebutuhan kamar tidurnya. Seperti seprai, bantal, guling, memilih warna lemari, meja belajar, dan lainnya.
  5. Ajak melakukan aktivitas yang kreatif di kamar tidurnya. Kesibukan di dalam kamar akan membuat anak lelah dan dengan mudah tidur di tempat tidurnya sendiri. Banyak cara mengajaknya berkreasi, salah satunya membuat figur jagoan menggunakan kertas Kokoru. Dengan begitu dapat mengajarkan anak semakin suka dengan ruang barunya, sekaligus mendorong mereka berani tidur sendiri.

Catatan yang perlu diperhatikan adalah, jangan letakkan TV dan komputer di kamar anak agar konsentrasi mereka tidak pecah dan mendorong untuk melakukan kegiatan yang membuat mereka lebih aktif dan kreatif.

go to top