Artikel

Crafting Membuat Anak Betah Main di Rumah

Anak-anak memang suka mengeskplorasi hal baru. Di usia dua tahun pertama, anak selalu ingin dekat dengan orangtuanya, kemudian perlahan seiring dengan kemampuan anak berjalan, berlari, berkomunikasi, dan bermain.

Ketika sudah bersosialisasi, anak terkadang lebih suka bermain dengan temannya daripada dengan orangtua. Malah, ada anak merasa tidak betah di rumah dan lebih memilih bermain di luar. Jika begitu kejadiannya, harus ada upaya supaya anak betah di rumah. Intinya bagaimana membuat suasana menyenangkan di rumah bagi anak.

Berikut beberapa tips untuk membantu membangun suasana menyenangkan di rumah bagi anak:

  1. Kreasi makanan
    Buat makanan dalam bentuk-bentuk yang lucu, menarik, dan lezat. Dengan begini, anak lebih merindukan masakan rumah daripada jajan di luar.
  2. Bersikaplah sebagai teman
    Dengarkan dengan baik setiap perkataan anak. Jawab dengan sabar setiap pertanyaannya. Selalu ada di saat anak sedang senang ataupun sedih. Jadilah orangtua yang sekaligus menjadi sahabat bagi anak.

  3. Beri pemahaman
    Bermain di luar rumah bukan berarti tidak boleh sama sekali. Boleh saja tetapi tidak berlebihan. Tanamkan disiplin kepada anak dalam aturan waktu bermain di luar rumah. Dan beri reward atas kedisiplinannya itu.

  4. Buat kegiatan yang menyenangkan di rumah
    Tentukan satu waktu, dua atau tiga kali seminggu untuk membuat suatu hal secara bersama-sama. Anak sangat suka bermain, jadi jadikanlah kegiatan membersihkan rumah, berolahraga bersama, atau membuat karya seni bersama, seperti sebuah permainan.

Untuk hal yang nomor 4, Anda bisa mencoba bermain sekaligus mengasah kreativitas dengan membuat benda-benda, tokoh-tokoh lucu dengan kertas.

Tapi, untuk mendapatkan hasil yang bagus gunakan kertas Kokoru yang bisa dibentuk menjadi objek 2 dimensi atau 3 dimensi, dengan melipat, menggunting, menggulung, dan mengelem saja.

Seperti apa mudahnya membuat Hello Kitty, Ironman, atau Baymax dengan kertas Kokoru, Anda bisa melihat tutorialnya di tautan ini http://www.kokoru.co.id/tips-cara-membuat.

go to top