Artikel

Dari Barang Bekas Menjadi Karya Seni

Jika ada benda tertentu di rumah kamu yang rusak, jangan langsung dibuang. Sebab, dari material yang rusak atau tidak terpakai kamu bisa membuat karya seni.

Terkadang kita menilai benda dari kegunaannya saja. Meski masih terlihat bagus, benda yang mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan sesuai fungsinya biasanya akan  berpindah dari dalam rumah ke bak sampah. Lalu, benda tersebut akan kehilangan potensinya menjadi sebuah masterpiece.

Cobalah pikirkan dahulu sebelum membuang benda rusak, siapa tahu kamu bisa membuat sebuah kreasi indah yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Bukankah setiap crafter harus memiliki insting memanfaatkan setiap material yang ada di muka bumi untuk dijadikan karya seni? Lagi pula, dengan memanfaatkan benda rusak atau tidakk terpakai lagi akan mengasah imajinasi kamu agar melahirkan ide-ide.

Jangankan cangkir teh yang pegangannya patah, cangkir yang sudah hancur berkeping-keping pun bisa dimanfaatkan untuk membuat sesuatu yang baru, misalnya pijakan kaki untuk di taman. Caranya, buat cetakan berbentuk lingkaran atau persegi empat menggunakan papan tripleks. Aduk semen dengan air lalu masukkan ke dalam cetakan. Tempelkan kepingan-kepingan cangkir tadi secara merata di bagian atasnya. Setelah semen mengering kamu sudah punya pijakan kaki untuk di taman.

Jika kepingan cangkir teh ternyata hanya sedikit, kamu masih bisa memanfaatkannya sebagai mozaik untuk mendekorasi saklar lampu, misalnya. Tempelkan kepingan-kepingan kecil cangkir teh memenuhi bagian yang rata dari saklar lampu menggunakan lem yang dapat digunakan untuk menempel keramik. Dekorasi tersebut juga bisa memperindah dinding kamar kamu.

Hard case gitar yang sudah tak terpakai juga bisa dijadikan dekorasi yang cantik. Misalnya, untuk membuat rak dinding. Pertama-tama kamu harus melepaskan dulu tutup case gitar tersebut. Lalu siapkan papan kayu untuk ditempelkan berjajar di dalam case. Papan kayu ini gunanya untuk meletakkan barang-barang pajangan. Setelah itu, gantung case tersebut di dinding rumah dan sekarang kamu punya rak pajangan yang artistik karena berbentuk seperti gitar.

Jangan lupa manfaatkan juga material lain untuk memperkaya nuansa pada rak buatan kamu itu. Gunakan material spike atau besi kerucut berwarna chrome yang biasa menempel pada jaket rocker atau biker. Tambahan spike di sekeliling rak dari hard case gitar itu akan menambah nuansa rock pada rak tersebut.

Atau kamu juga bisa membuatnya terkesancantik dan ceria dengan mendekorasinya menggunakan kertas Kokoru. Kontur kertas yang bergelombang akan memberikan aksen khusus pada rak tersebut dan bisa dimeriahkan oleh kertas dengan warna-warna beragam yang disediakan Kokoru.

Jadi mulai sekarang, apapun benda yang rusak di rumah kamu, jangan langsung membuangnya ke tempat sampah. Simpan dahulu sembari memikirkan ide apa yang bisa direalisasikan untuk mengubah benda rusak itu menjadi karya seni. Selamat berkarya, Kokoru Friends.

go to top