Artikel

Gulung, Gunting, Tempel

Origami adalah seni melipat kertas menjadi sebuah kerajinan tangan. Sementara, Kokoru lebih banyak proses menggulung, menggunting dan menempel.

Dari latar belakang sejarah, origami dan Kokoru muncul di zaman yang berbeda. Seni melipat kertas asal Jepang atau origami sudah dikenal sejak lama namun Kokoru bisa dibilang jenis kerajinan tangan yang relatif baru.Meski demikian, popularitas Kokoru belakangan mulai menanjak.

Proses pembuatannya pun agak berbeda dibandingkan origami. Untuk membuat origami, didominasi proses melipat kertas dan tidak banyak menggunting dan menempel. Sementara, Kokoru lebih banyak menggulung, menggunting dan menempel.

Untuk membuat ikan lumba-lumba atau dolphin dari kertas Kokoru misalnya, bisa dilakukan dengan menggulung kertas ichi atau kertas Kokoru yang berbentuk memanjang seperti pita. Setelah gulungan cukup tebal, bagian tengahnya didorong hingga membentuk kerucut.

Diperlukan dua gulungan untuk membentuk bagian kepala dan ekor lumba-lumba. Sementara, bagian mata, sirip badan dan sirip ekor bisa dilakukan dengan menggunting kertas hachi (kertas Kokoru ukuran A4) dan merekatkannya menggunakan lem.

Demikian juga untuk membuat bentuk orang atau binatang lainnya, banyak diperlukan proses menggulung kertas ichi untuk membentuk bagian kepala, badan, kaki dan lengan. Intinya, kerajinan tangan Kokoru lebih kaya dalam proses yaitu bisa dengan dilipat, digulung, digunting dan direkatkan.

go to top