Artikel

Kembali ke Sekolah dengan Kreatif

Salah satu hal yang membuat bersemangat untuk kembali ke sekolah adalah peralatan belajar yang baru.  Tak harus beli, Kokoru Friends bisa membuat sendiri peralatan belajar yang bisa kamu pamerkan kepada teman-teman di sekolah.

Salah satu kehebatan seorang crafter adalah, mampu membuat sendiri barang-barang tertentu yang bisa digunakan untuk keperluan tertentu. Peralatan belajar misalnya, ada yang bisa dikreasikan sendiri oleh tangan-tangan terampil yang kreatif.

Peralatan seperti buku tulis, pulpen dan pensil mungkin agak sulit dibuat sendiri. Tapi, sejumlah perangkat penunjang seperti sampul buku, tempat pensil, bahkan tas pun bisa kamu kreasikan sendiri sehingga pasti akan lain dari yang lain. Berikut ini beberapa ide yang bisa kamu gunakan untuk membuat peralatan penunjang belajar:

    1. Sampul buku

      Benda ini mungkin akan sangat banyak kamu perlukan untuk melindungi buku-buku tulis maupun buku-buku pelajaran. Membuatnya juga tidak terlalu sulit dan banyak variasi yang bisa dikreasikan. Material yang paling ideal untuk membuat sampul buku adalah kertas, namun yang lebih tebal seperti karton agar lebih kuat melindungi buku.

      Jangan lupa menambahkan ornamen-ornamen menarik menggunakan kertas Kokoru. Buku-buku kamu pasti akan memiliki aksen yang lebih kuat jika dihias dengan kertas Kokoru setelah disampul.

    2. Pembatas buku

      Agar tidak kesulitan mencari halaman buku pelajaran ketika akan membacanya kembali di rumah, kamu perlu pembatas buku. Benda ini bentuknya sederhana namun perannya sangat penting, terutama bagi orang yang senang membaca, bukan hanya buku pelajaran tapi segala jenis buku.

      Jika kamu juga 'kutu buku', maka benda ini wajib kamu miliki. Tak perlu membeli, kamu bisa membuatnya dengan mudah menggunakan berbagai macam material. Bisa dari lempengan besi, kayu pipih atau dari kertas tebal dan kertas Kokoru. Jangan lupa menghias material tersebut dengan penuh kreativitas agar menjadi pembatas buku yang cantik.

    3. Tempat pensil

      Banyak toko-toko buku yang menjual beragam tempat pensil dengan model yang bervariasi pula. Tapi, tak seru rasanya jika ke sekolah tak menggunakan tempat pensil kreasi sendiri. Gunakan bahan-bahan yang mudah kamu temukan untuk membuat tempat pensil seperti karung goni atau celana jeans yang sudah tidak terpakai.

Selain semakin kreatif, dengan berkreasi membuat peralatan sekolah sendiri juga akan membuat kamu bisa lebih berhemat dan lebih banyak menabung untuk membeli keperluan lain. Peralatan sekolah apa yang sudah kamu buat sendiri, Kokoru Friends?

go to top