Artikel

Kenali Scrapbook Si Penyimpan Kenangan

Seni mendekorasi berbagai materi dalam satu album atau dikenal dengan istilah scrapbook cukup digandrungi di Amerika dan Eropa. Yuk, kenali seni kerajinan tangan yang satu ini.

Pada dasarnya, scrapbook adalah sebuah album kenangan berisi kumpulan memorabilia seperti tiket, potongan-potongan kertas berisi catatan dan termasuk foto-foto. Kebiasaan membuat album ini sudah dilakukan sebagian masyarakat Eropa sejak abad ke-15. Saat itu, scrapbook bagi mereka seperti sebuah buku harian yang suatu saat akan kembali dibuka untuk mengenang masa lalu.

Ratusan tahun kemudian, fungsi scrapbook menjadi lebih luas. Dari hanya sebuah buku harian yang bersifat pribadi, scrapbook berubah menjadi sebuah hobi kerajinan tangan. Tak hanya memorabilia, penggemar scrapbook juga menambahkan banyak elemen lain untuk mendekorasi album miliknya secantik mungkin. Maka jadilah scrapbook sebuah seni mendekorasi foto, bahan cetakan dan memorabilia dalam sebuah album.

Hobi ini mulai booming di Amerika sekitar tahun 1980-an sehingga sejak itu mulai bermunculan bisnis yang memproduksi material-material untuk membuat scrapbook. Padahal, sebelumnya scrapbook dibuat hanya dengan memanfaatkan barang sisa seperti potongan-potongan kertas dan kepingan materi lainnya (scrap). Karena itulah kerajinan tangan ini dinamakan scrapbook.

Sementara di negara kita tercinta ini, scrapbook mulai banyak dipraktikkan sekitar lima atau enam tahun lalu. Kesenian ini menarik perhatian dan minat banyak orang karena difokuskan pada kenangan yang indah dalam hidup seseorang atau orang yang dicintainya. Peristiwa yang indah seperti pernikahan, kelahiran bayi, atau wisuda anak adalah momen yang layak untuk diabadikan dalam scrapbook.

Jika Kokoru Friends tertarik dengan jenis kerajinan tangan ini, kamu bisa memulainya dengan mudah. Karena media yang paling penting dalam seni scrapbook adalah albumnya, saat ini sudah banyak dijual album scrapbook dengan berbagai ukuran. Ada album yang sudah dijilid secara permanen, ada pula album yang halamannya dapat dipasang dan dilepaskan. Banyak album scrapbook yang dijual sekarang sudah diberi plastik transparan sebagai pelindung.

Bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membuat scrapbook terdiri dari kertas background, perekat foto, gunting, pemotong kertas, pena kaligrafi, dan lem. Untuk disain yang lebih kompleks mungkin memerlukan alat-alat khusus seperti template, stempel karet, gunting craft, pelubang kertas, embossing tool, stencil, tinta warna, dan mesin potong kertas.

Berbagai aksesoris atau hiasan juga bisa kamu gunakan untuk mendekorasi halaman scrapbook seperti stiker, stempel, elemen bentuk, elemen huruf, pita, renda, kawat dan lain sebagainya sesuai kebutuhan dan kesukaan scrapbooker. Hal penting yang selalu diperhatikan oleh para scrapbooker mania adalah bahan-bahan tersebut haruslah mempunyai kualitas yang tinggi supaya scrapbook yang dihasilkan tahan lama.

Nah, untuk kertas background yang berkualitas kamu bisa menggunakan kertas-kertas Kokoru terutama Hachi, Hachigo dan Hachiro yang berukuran A4. Sementara, kertas Ichi, Ichigo dan Ichiro yang berbentuk long stripe bisa kamu gunakan untuk membuat dekorasi seperti lis atau garis tepi di pinggir album atau dekorasi lainnya.

Material lainnya bisa kamu dapatkan dari toko khusus yang menjual material kerajinan tangan, khususnya scrapbook. Sayangnya belum terlalu banyak toko sejenis di Indonesia. Jika kesulitan menemukan toko tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan sisa untuk mendekorasi scrapbook kamu. Intinya, tetaplah kreatif menciptakan karya seni.

Selamat mencoba.

go to top