Artikel

Legenda Tahun Baru Cina

Ada suatu legenda,pada zaman dahulu kala

Nian (年) adalah raksasa pemakan manusia, hidupnya di atas gunung (ada yang bilang dari bawah laut). Pada akhir musim dingin, Nian pergi ke desa dan memakan tanaman, hasil panen, hingga warga desa. Para warga menaruh makanan didepan rumah selama akhir musim dingin, agar Nian tidak menyerang dan memakan orang-orang yang ada di rumah serta tidak mengambil ternak serta hasil panen yang ada di rumah.

Pada suatu hari, para warga melihat Nian lari ketakutan setelah melihat anak kecil berbaju merah. Karena itu, para warga percaya bahwa Nian takut dengan warna merah, jadi setiap tahun baru tiba, para warga menggantungkan lampion merah dan gulungan kertas merah di jendela dan pintu rumah. Selain itu, para warga juga menyalakan kembang api untuk menakuti Nian. Sejak itu, Nian pun tidak pernah kembali lagi ke desa, Nian ditangkap oleh 鸿钧 老祖 or 鸿钧 天尊 Laozu Hongjun, seorang imam Taoist.

Guo Nian (Traditional Hanzi: 过年; Chinese: 过年), which means "welcome the new year", which literally means "drive out Nian". 

go to top