Artikel

Manfaat Belajar Membuat Karya Seni

Menjadi seorang seniman bukan hal yang sulit. Asal mau dan terus berlatih, maka kamu bisa menjadi mahir dalam suatu karya seni dan itu bisa dipelajari sejak dini.

Berikut  ini manfaat yang bisa didapat dari belajar seni sejak masih anak-anak seperti yang dilansir dari washingtonpost.com:

    1. Kreativitas
      Belajar karya seni apapun pastinya melatih kreativitas, sehingga terbiasa untuk melihat aktivitas tersebut dari beragam sudut pandang dan mampu berpikir 'outside of the box'.

    2. Percaya Diri
      Memiliki suatu keterampilan membuat diri lebih percaya diri. Terlebih melihat hasil karya seninya dipuji oleh banyak orang. Khususnya dalam belajar seni teater, hal ini dapat membantu kamu menjadi piawai dalam menyampaikan pesan, terutama saat berbicara di depan banyak orang.

    3. Menyelesaikan masalah
      Ketika membuat karakter atau tokoh komik dari kertas. Kamu akan berpikir dengan segala cara bagaimana memulainya. Tanpa disadari hal itu melatih pikiran untuk melihat segala masalah dalam berbagai sisi untuk menemukan solusi yang logis.

    4. Ketekunan
      Ketika sudah menyukai suatu kegiatan seni, kamu akan terus berlatih dan belajar hal-hal baru dari latihannya itu. Ketekunannya itu adalah kunci penting untuk sebuah kesuksesan.

    5. Fokus
      Membuat suatu karya seni melatih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Dalam suatu penelitian, peserta di suatu kelas seni memiliki peningkatan konsentrasi dan fokus dalam segala aspek kehidupannya.

    6. Komunikasi non-verbal
      Lewat hasil karya seni, secara tidak langsung juga mengomunikasikan apa yang dirasakan pembuatnya saat itu. Dalam kegiatan teater dan menari, komunikasi non-verbal ini begitu banyak dilatih, sehingga hanya dengan gerakan, penonton tahu apa yang dimaksud oleh si penampil.

Untuk mendapatkan manfaat belajar membuat karya seni, sebagai permulaan yang mudah kamu bisa membuat kerajinan tangan menggunakan kertas Kokoru. Mengapa kertas Kokoru? Karena kertas ini dapat dibentuk objek 2 dimensi atau 3 dimensi dengan melipatnya, menggulungnya, mengguntingnya, dan mengelemnya. Tertarik untuk memulainya, klik link ini untuk lebih tahu mengenai kertas Kokoru dan tips membuat karya seni lucu.

go to top