Artikel

Manfaat Gemar Membaca

Buku adalah jendela dunia, sumber informasi yang dapat membuka wawasan dan menginspirasi kita tentang berbagai hal. Namun sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan dengan alasan kesibukan, ataupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

Dari kegiatan ini tidak sedikit melahirkan orang-orang pintar yang berjasa bagi dunia, seperti ilmuan, sejarawan dan para ahli di berbagai bidang. Tapi, bukan hanya ilmuan saja lho, yang memiliki kecerdasan karena gemar membaca. Bahkan, para selebritis pun tidak sedikit yang memiliki IQ tinggi seperti Matt Damon, Ashton Kucther juga Emma Watson yang memerankan tokoh Hermione Granger di film Harry Potter.

Selain bisa bikin pintar, apa lagi sih manfaat membaca buku? Kalau kamu penasaran, yuk simak pembahasannya di bawah ini:

    1. Dapat Menstimulasi Mental

      Otak merupakan salah satu organ tubuh yang memerlukan latihan agar tetap kuat dan sehat seperti organ tubuh yang lainnya. Dengan membaca buku dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

    2. Dapat Mengurangi Stress

      Dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol, dapat membuat pikiran lebih santai, membawa kedamaian batin, menurunkan tekanan darah serta menghilangkan bad mood.

    3. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

      Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang. Selain itu, ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat berharga yang tidak pernah dapat hilang meskipun kita kehilangan hal-hal lain didunia ini, seperti harta, benda, maupun yang lainnya.

    4. Dapat Menambah Kosakata

      Dengan bertambahnya kosakata yang kita miliki dari kegiatan membaca bukutentu saja dapat membantu kita untuk dapat membuat karya tulis sendiri, mengartikulasikan dan menyampaikan pendapat dengan bahasa yang lugas, serta dapat menambah rasa percaya diri saat berbicara dengan orang lain.

    5. Dapat Meningkatkan Kualitas Memori, Fokus dan Konsentrasi

      Dengan membaca buku dapat membantu latihan otak untuk mengingat dan menganalisa secara maksimal daripada menonton televisi atau mendengarkan radio, karena kebiasaan membaca buku dapat memacu otak untuk berpikir lebih fokus dan berkonsentrasi.Hal ini akan melatih kita untuk dapat juga lebih fokus dalam melakukan berbagai macam kegiatan atau rutinitas keseharian.

    6. Dapat Meningkatkan Kreativitas dan Empati

      Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University mengatakan bahwa dengan membaca buku dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan kita untuk lebih memahami perasaan orang lain. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang-orang disekitar kita.

Kokoru Friends, pilihlah waktu luang yang tepat untuk membaca buku, misalnya saja saat malam hari menjelang tidur. Pilih posisi yang nyaman, atur jarak antara mata dengan buku, yaitu sekitar 25 hingga 30 cm. Sebelum membaca sebaiknya kita menentukan tujuan dan mengetahui gambaran besar tentang isi buku untuk mempermudah konsentrasi pada saat membaca. Selalu fokus pada apa yang kita baca dan jadilah pembaca yang aktif, dalam artian kita bisa melakukan dialog dengan buku.

Misalnya saja kita bisa membuat berbagai pertanyaan yang nantinya akan kita temukan jawabannya di dalam buku yang kita baca. Tentukan juga teknik dalam membaca, misalnya kapan waktu yang tepat untuk membaca dengan cepat, lambat, dengan nada keras, maupun membaca dalam hati. Jangan lupa untuk mencatat hal-hal penting yang telah kita baca. Hal ini akan membantu kita untuk mengingat intisari dari buku yang telah kita baca.

go to top