Artikel

Manfaatkan Barang Bekas untuk Membuat Kerajinan Tangan

Salah satu modal utama seorang crafter adalah kreativitas dan imajinasi yang tinggi untuk mengubah material tertentu menjadi sebuah karya seni, bahkan dari barang bekas sekalipun.

Memanfaatkan barang bekas agar menjadi karya seni memang tidak semudah menggunakan material baru yang sengaja dibeli untuk membuat kerajinan tangan. Sebab, biasanya barang bekas yang diinginkan jumlahnya terbatas. Sebaliknya, material baru bisa dibeli dengan jumlah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perajinnya.

Namun di tengah keterbatasan tersebut, karya seni dari barang bekas seringkali mengundang decak kagum. Ada yang memanfaatkan cangkang atau kulit telur yang biasanya sudah dibuang ke tempat sampah, kardus dan kain bekas atau barang-barang lain yang sudah tidak terpakai. Tak ada aturan khusus untuk membuat karya recycle dari material bekas ini. Kuncinya hanya satu, kreativitas.

Kamu harus banyak melihat karya-karya recycle yang sudah dibuat oleh crafter-crafter dari dalam maupun luar negeri sebagai referensi atau inspirasi. Dan jangan khawatir, jika menemui kesulitan, kamu juga bisa memanfaatkan material baru untuk mempercantik barang-barang bekas yang akan kamu ‘sulap’ menjadi karya seni.

Misalnya, jika kebetulan menemukan kursi kayu yang sudah usang, kamu bisa merenovasinya secara tak biasa. Umumnya, kursi kayu diperbarui atau dipercantik kembali dengan material cat dan politur. Tapi kamu bisa menggunakan bahan lain, seperti melapisinya dengan kain bermotif, kulit sintetis atau bahkan menggunakan kertas dekorasi atau wall paper.

Tentu saja kamu harus memerhatikan penempatan kursi itu nantinya. Jika ingin diletakkan di luar atau beranda rumah yang berpotensi terkena air hujan, kamu harus memilih bahan yang lebih tahan air seperti kulit sintetis. Tapi, kalau kursi tersebut akan ditempatkan di dalam ruangan, bahan dari kertas atau kain bisa kamu manfaatkan.

Bicara tentang kertas, kamu juga bisa mengolah barang bekas menjadi karya seni yang baru dengan menggunakan kertas Kokoru. Motif kertas Kokoru yang bergelombang dan memiliki beragam pilihan warna menarik. Kertas ini dapat kamu jadikan pelapis bingkai foto dari kayu yang sudah usang atau melapis sampul buku yang hampir rusak.

Bukan hanya melapis, dari kertas Kokoru kamu juga bisa membuat berbagai ornamen menarik untuk mempercantik bingkai foto atau sampul buku tadi. Intinya, jangan bosan berkreasi dan jangan terpaku pada ketersediaan bahan untuk membuat kerajinan tangan. Jika imajinasi mu tinggi, apapun bisa kamu jadikan karya seni.

go to top