Artikel

Membuat Superhero dari Kokoru

Salah satu keunggulan Kokoru adalah mudah membentuk sebuah figur dan selalu menarik membuat figur superhero. Kertas Kokoru memberikan banyak pilihan warna yang bisa mewakili setiap karakter superhero, salah satunya Captain America.

Untuk membuat karakter Captain America, yang diperlukan adalah kertas Kokoru jenis ichiro warna gading (ivory), kertas Kokoru jenis ichi warna biru, merah dan putih. Kertas-kertas tersebut digunakan untuk membuat bagian kepala, badan, tangan, kaki dan tamengnya.

Langkah pertama adalah membuat bagian kepala dan badan. Untuk kepala bagian bawah, gulung dua ichiro warna gading hingga menjadi satu gulungan. Gulung juga dua kertas ichi warna biru untuk membuat kepala bagian atas, lalu rekatkan dua gulungan tersebut. Untuk membuat bagian badan, prosesnya sama, hanya saja kedua gulungan yang direkatkan sama-sama kertas ichi berwarna biru. Lalu, rekatkan bagian kepala dan bagian badan tersebut.

Tempel ichi warna putih yang sudah divariasikan dengan potongan ichi warna merah, melingkar di bagian tengah badan untuk membuat sabuknya. Bagian tangan bisa dibuat dengan dua gulungan ichi warna biru dan merah.

Jangan terlalu banyak menggunakan kertas ichi untuk membentuk tangan, cukup gunakan setengah ichi merah dan setengah ichi biru untuk masing-masing bagian tangan, demikian juga untuk membuat kaki-kakinya. Namun, di kedua tangannya, berikan variasi ichi putih tepat di sambungan antara gulungan ichi merah dan biru sehingga karakter tersebut terkesan mengenakan sarung tangan.

Setelah merekatkan tangan dan kaki di posisinya masing-masing, sekarang tinggal memasang topeng, yaitu ichi biru yang dililitkan di kepala karater, tambahkan mata, sayap kecil di bagian kanan dan kiri karakter, huruf A dari ichi warna putih pada dahi dan bintang di bagian dada.

Sekarang, tinggal membuat tameng dari kertas hachi warna merah, putih dan biru. Gunting hachi merah membentuk bulatan dengan diameter 4,5 cm, buat juga bulatan dari hachi putih dan biru dengan ukuran yang lebih kecil, lalu rekatkan di hachi merah sehingga berbentuk lapisan. Setelah jadi, rekatkan tameng di salah satu tangan karakter.

Nah, kamu sudah memiliki satu karakter superhero Captain America dari kertas Kokoru. Mudah bukan?

go to top