Artikel

Mengintip Tren Kreasi Kerajinan dari Kertas

Mengolah kertas menjadi kerajinan tangan atau karya seni sudah digeluti sebagian manusia sejak lama. Hingga kini trennya terus berkembang dengan berbagai variasi seni maupun jenis kertasnya.

Kerajinan tangan dari kertas yang cukup dikenal adalah origami atau seni melipat kertas asal Jepang. Origami merupakan bagian dari kebudayaan Jepang dan sudah dipraktekkan sejak zaman Edo atau sekitar abad  ke-17.  Namun, origami baru populer pada tahun 1900-an. Pada kerajinan tangan origami, proses pembuatannya murni hanya dengan melipat tanpa menggunting atau merekat. Ada juga kirigami yang mirip dengan origami namun dalam proses pembuatannya melalui proses menggunting dan merekat dengan lem.

Sementara, di belahan dunia lainnya juga berkembang seni kerajinan tangan berbahan dasar kertas. Quilling, adalah seni menggulung sejumlah irisan kertas lalu menyusun dan merekatkannya satu sama lain menjadi suatu bentuk tertentu. Seni kerajinan tangan ini muncul di Eropa, terutama Perancis dan Italia pada abad ke-18. Sama seperti origami, quilling juga tak lekang dimakan zaman dan masih banyak dipraktekkan hingga saat ini.

Seni kerajinan tangan dari kertas pun semakin berkembang, variatif dengan hasil karya yang semakin rumit. Ada kreasi dari kertas daur ulang, papermodel hingga pembuatan diorama dari kertas. Masing-masing memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Salah satu kerajinan tangan yang belakangan mulai populer adalah Kokoru dengan menggunakan kertas bergelombang aneka warna (color corrugated paper). Dibandingkan origami, kertas Kokoru relatif lebih tebal, memiliki kontur bergelombang dan tersedia dalam dua jenis ukuran. Kokoru berbentuk seperti garis panjang bernama Ichi. Sementara, kertas Kokoru Hachi memiliki dimensi yang sama dengan kertas A4. Ichi dan Hachi tersedia dalam delapan warna dasar, yaitu biru, hijau, hitam, putih, merah, oranye, gold dan kuning.

Ada lagi jenis  Ichigo dan Hachigo. Ichigo memiliki dimensi yang sama dengan Ichi. Sementara, ukuran Hachigo sama dengan Hachi. Bedanya, warna kertas Ichigo dan Hachigo lebih lembut dibandingkan Ichi dan Hachi. Ichigo dan Hachigo terdiri dari delapan warna pastel antara lain; abu-abu, putih, krem, kuning muda, hijau muda, biru muda, ungu muda dan pink.Sementara, kertas Kokoru jenis Ichiro dan Hachiro memiliki warna-warna gelap seperti; hitam, coklat, krem, kuning, hijau tua, merah, ungu tua dan biru tua. Dimensinya sama dengan Ichi dan Hachi, juga Ichigo dan Hachigo.

Berbeda dengan origami, kerajinan menggunakan kertas Kokoru memerlukan proses menggunting dan merekat. Namun, hasilnya juga lebih realistis karena umumnya kerajinan Kokoru ini berbentuk tiga dimensi.

go to top