Artikel

Pentingnya Keseimbangan IQ, EQ, dan SQ pada Anak

Penerapan IQ, SQ dan EQ saat ini menjad tantangan tersendiri terutama menentukan hubungan antara ketiganya dalam mengoptimalkan proses pembelajaran.

Di Indonesia sendiri masih banyak yang berasumsi bahwa dengan IQ tinggi saja seseorang dapat meraih masa depan cerah. Namun, sekarang sudah banyak studi yang membuktikan mengenai besarnya pengaruh SQ dan EQ pada pendidikan sekolah anak, maka sebaiknya para orangtua perlu mempertimbangkan sekolah yang mampu memberikan porsi pengajaran yang sama terhadap aspek IQ, SQ dan EQ.

IQ (Intelligence Quotients) adalah model kecerdasankonvensional, yaitu kemampuan manusia dalam melakukan penalaran, perencanaan, memecahkan masalah, belajar, berpikir, pemahaman gagasan, penggunaan bahasa, dan lainnya.

Orangtua juga dapat membantu agar IQ anak meningkat. Seringlah berbincang dengan anak setiap waktu. Kegiatan ini dapat membantu kemampuan bahasanya. Kenalkan juga anak kepada warna, bentuk, musim, bunga, hewan, buah dan semua informasi dasar lainnya melalui buku, lingkungan sekitar, dan media lainnya.

Berikan anak media kreatif yang bermanfaat, seperti Kokoru: kertas bergelombang dengan koleksi warna yang lengkap, cocok untuk merangsang kreativitas anak. Biarkan anak mulai memecahkan sendiri masalahnya, mulai dari hal sederhana, misalnya ketika ia terlambat pergi ke sekolah, dan biarkan ia mandiri untuk bersiap-siap lebih cepat. Ini semua akan mengembangkan keterampilan kognitifnya.

EQ (Emotional Quotients) adalah kecerdasan emosional, seperti dapat memahami perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dapat mengendalikan suasana hati, juga kemampuan menyelesaikan konflik. EQ sendiri dapat dilatih dengan bantuan orangtua seperti, mendidiknya untuk bertahan dalam situasi sulit, menanamkan ketahanan, dan pengendalian diri.

Beri anak-anak kesempatan untuk melatih cara piker mereka, ini bias dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ajarkan anak untuk pertama-tama berpikir akan kesuksesan dan bukan kegagalan. Rasa percayadiri dan sikap positif akan membimbing mereka menuju jalan keberhasilan.

Sementara SQ (Spiritual Quotients) adalah kecerdasan untuk menempatkan perilaku dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya. SQ berperan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. Kecerdasan spiritual membuat individu mampu memaknai setiap kegiatannya sebagai ibadah. Maka itu orangtua harus menanamkan pendidikan tentang agama pada anak sejak dini.

Alangkah baiknya bila IQ, EQ dan SQ pada diri setiap orang mampu secara proporsional bersinergi, menghasilkan kekuatan jiwa-raga yang penuh keseimbangan. Terutama buat anak-anak kita, keseimbangan fisik, psikis dan spiritual.

go to top