Artikel

Ragam Teknik Membuat Kartu Ucapan

Salah satu jenis kerajinan tangan dari kertas yang sering dibuat oleh crafter adalah kartu ucapan. Beragam cara bisa dilakukan untuk mempercantik kartu ucapan.

Dahulu, kartu ucapan berfungsi mengirimkan ucapan selamat pada berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun hingga hari raya. Kartu biasa dikirimkan melalui pos dan penerimanya bisa menyimpan kartu tersebut sebagai kenang-kenangan.

Saat ini kegiatan tersebut sudah sangat jarang dilakukan karena komunikasi untuk memberikan ucapan selamat bisa langsung dilakukan melalui sambungan telepon juga email. Namun, bukan berarti proses pembuatan kartu ucapan lantas terhenti. Masih banyak crafter yang membuat kartu ucapan cantik untuk dikoleksi sendiri atau diberikan kepada orang lain.

Umumnya, kartu ucapan yang dibuat dengan tangan memiliki bentuk dasar yang sederhana yaitu persegi panjang dengan lipatan di tengah-tengahnya. Dari bentuk dasar yang sederhana ini bisa dipercantik menggunakan beragam material seperti cat, pita dan lainnya. Berikut ini beberapa teknik menghias kartu ucapan yang bisa kamu praktekkan dengan mudah:

  1. Cat air

    Cara paling mudah memberi sentuhan warna pada kartu ucapan buatan mu adalah dengan menggunakan cat air. Kamu bisa bereksperimen menggunakan lebih dari satu warna untuk membentuk motif-motif tertentu. Prosesnya pun bisa dilakukan dengan cepat dan hasilnya akan lebih artistik dibandingkan mewarnainya dengan spidol.

  2. Cetak akrilik

    Potong akrilik bening menjadi bentuk persegi panjang yang ukurannya seperempat dari kartu yang kamu buat atau lebih kecil. Siapkan cat dengan beberapa pilihan warna di wadah yang rata. Celupkan satu sisi akrilik ke cat tersebut lalu tempelkan ke salah satu sisi kartu hingga cat yang menempel di akrilik berpindah ke atas kartu. Kamu akan mendapatkan cetakan cat dengan motif yang tidak merata. Buat beberapa cetakan dengan warna yang berbeda,kamu akan mendapatkan motif yang cantik.

  3. Silhouette

    Buat sketsa motif-motif yang kamu inginkan di atas kertas lalugunting dan warnai. Tempel motif-motif tersebut di atas cover atau di dalam kartu ucapan yang kamu buat.

  4. Mix media

    Gaya crafting yang memadukan berbagai media atau mix media akan memperkaya ekspresi personal crafter tersebut. Kamu bisa menggunakan berbagai material seperti fiber, busa, manik-manik, pernak-pernik, juga kertas dan kayu. Untuk menyatukan material-material tersebut bisa dengan cara menempelkannya menggunakan lem.

 

Dengan kertas Kokoru yang memiliki berbagai ukuran dan warna, akan sangat mudah untuk kamu berkreasi menciptakan berbagai bentuk dan motif. Kontur kertas Kokoru yang bergelombang juga bisa memberikan aksen khusus pada karya kartu ucapan kamu.

Jadi, teknik mana yang kamu pilih?

go to top